Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

by tamanjogja
4 minutes read
tanaman pengusir nyamuk

Taman Jogja – Tanaman pengusir nyamuk paling ampuh itu contohnya apa sih ? Nyamuk merupakan salah satu jenis binatang bertubuh kecil yang sering kali menjadi masalah bagi banyak orang akibat gigitannya.

Dan selain menyebabkan bentol-bentol merah, juga menimbulkan rasa gatal. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu terutama pada saat malam hari saat menjelang tidur.

Ada banyak cara untuk mengusir nyamuk, salah satunya menggunakan berbagai merk obat nyamuk yang terdapat di pasaran.

Namun hal tersebut tidak akan aman jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, karena terdapat zat kimianya.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Dan berikut ini adalah beberapa tanaman pengusir nyamuk paling ampuh yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga : Tanaman Herbal Untuk Kolesterol




Inilah Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

tanaman-pengusir-nyamuk

Bunga Lavender

Untul lebih memahami secara lengkap mengenai pembahasan kita saat ini, maka ada baiknya para pembaca simak ulasannya sebagai berikut :

1. Tanaman Selasih

Selasih memiliki aroma yang khas yang dibenci nyamuk. Selain itu tanaman selasih punya kandungan minyak esensial yang dapat diekstrak dan digunakan sebagai semprotan untuk mengusir nyamuk.

Lalu tanamlah beberapa pohon basil di rumah Anda, dijamin nyamuk jadi ogah masuk ke rumah. Tanaman ini bahkan juga bisa menambah cita rasa makanan.

2. Bunga Geranium

Bunga ini menjadi salah satu tanaman yang menjadi pengusir nyamuk paling ampuh ini memiliki kandung zat yang dapat terbang di udara. Hingga mampu memenuhi daerah yang ada di sekitarnya.

Selain itu, terdapat juga kandung zat sitroneol juga geraniol yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Karena itulah yang menimbulkan banyak produk lotion untuk mengusir dengan menggunakan bunga ini

Jika anda ingin mengusir nyamuk menggunakan tanaman ini, caranya dengan meletakkan bunga geranium pada lokasi keluar masuknya angin.

Hal tersebut bertujuan agar daun dari tanaman ini akan saling bergesekan. Selain itu, bau yang dikeluarkan juga tidak disukai oleh nyamuk.

Baca Juga : Jasa Taman, Desain Taman Rumah Menjadi Artistik Dan Modern




3. Lavender

Lavender ini tidak hanya cantik karena warna ungu pada bunganya yang menawan. Tapi juga dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.

Terdapat zat lynalyl acetat dan linalool yang sangat dibenci oleh nyamuk. Lalu gunakan bunga lavender dengan menggosokannya ke tubuh untuk mencegah dari gigitan nyamuk.

Selain itu, tanaman ini mampu mengusir nyamuk sekaligus memperindah ruangan dengan meletakkan bunga lavender yang ditanam pada pot. Bahkan kandungan minyak atsiri pada bunga lavender juga dijadikan sebagai aroma terapi

4. Tanaman Catnip

Tumbuhan catnip adalah salah satu tanaman yang bisa untuk pembasmi nyamuk alami yang efektif dan sangat manjur.

Catnip di dalam sebuah penelitian terbaru, salah satu bahan aktif utamanya yaitu nepetalactone, ditemukan 10X lebih kuat daripada DEET (obat nyamuk kimia).

5. Rosemary

Rosemary akan mampu mengeluarkan aroma yang membuat nyamuk enggan mendekat, karena aromanya hampir sama dengan minyak telon.

Jika Anda ingin mencoba menggunakannya sebagai tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, anda bisa diletakkan pada daerah yang dekat dengan jendela.

Sehingga tanaman ini akan tumbuh baik di bawah cahaya matahari dan air yang cukup. Selain cara tersebut, bisa juga dengan menggosokkan daunnya pada kulit.



6. Marygold

Marygold menjadi salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk paling ampuh ini lebih dikenal oleh orang Indonesia dengan nama Bunga Tai Kodok.

Tumbuhan yang memiliki bunga dengan berbagai warna seperti merah, jingga serta kuning.

Karena aromanya yang tidak sedap membuat nyamuk enggan untuk mendekat. Bunga marygold bisa memperindah ruangan rumah karena bunganya yang sangat indah.

7. Citrosa

Tumbuhan pengusir nyamuk paling ampuh ini sangat sederhana, cukup dengan menyiram dan memberi pupuk.

Saat ini citrosa banyak di letakkan di dalam rumah untuk dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan.

Citrosa akan mengeluarkan aroma yang kuat seperti bau lemon saat disentuh. Dan tentunya sangat tidak disukai nyamuk dan jenis serangga yang lainnya.



Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda praktekkan di lingkungan rumah.

Dan ada baiknya bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan area hunian, dan bisa menghindarkan dari bahaya nyamuk.

Selamat membaca dan memberi banyak manfaat.

Baca Juga : Tanaman Obat Asam Urat Dan Reumatik

Related Posts

x