Taman Gaya Jepang, Cara Rilekskan Diri dari Kepenatan

by tamanjogja
2 minutes read
taman gaya jepang

Taman JogjaTaman gaya Jepang, cara rilekskan diri dari kepenatan setelah seharian memeras keringat. Dan kamu pun perlu untuk sejenak bersantai ria.

Jepang dengan adat istiadat dan budayanya menjadikannya populer dilkalangan turis mancanegara. Walaupun kini Jepang menjadi negara maju dengan kecanggihkan teknologinya.

Namun ia tetap memegang teguh kebudayaan. Salah satu budaya yang masih kental terlihat yakni dari tatanan bangunan rumah yang mempunyai kekhasan tersendiri.

Nuansa etnik pada desain rumah yang begitu kental membuat Jepang terkenal dimata dunia. Begitu pula dengan desain taman yang menghiasi rumah-rumah di Jepang.

Kali ini kami akan berbagi artikel mengenai desain taman dengan gaya Jepang. Simak ulasan berikut ini.

Taman bergaya Jepang merupakan taman yang dibangun dengan konsep tradisional Negara Jepang. Jika anda mengagumi taman-taman bergaya Jepang, anda bisa mengaplikasikannya untuk mendesain taman di rumah.

Taman Gaya Jepang, Arsitektur Bernuansa Taman Estetik

taman gaya jepang

Konsep Taman Jepang

Taman Jepang mempunyai prinsip taman dengan kesederhanaan, oleh karena itu taman ini bisa menciptakan perasaan damai.

Desain taman ini identik dengan penggunaan batu yang mewakili gunung ataupun pulau. Gravel atau pasir pada taman bergaya Jepang mewakili simbol air.

Unsur alam memang sangat dominan pada taman ala Jepang ini. Berikut ini akan kami sajikan elemen-elemen penting pembentuk taman bergaya Jepang.

Unsur-Unsur Taman Gaya Jepang

  • Tanaman

Di dalam taman Jepang sering kali dihiasi dengan berbagai macam tanaman. Baik itu pohon perdu, bambu, lumut dan juga rumput.

Tanaman perdu digunakan untuk simbol lereng gunung, lembah, padang rumput dan sekaligus sebagai pembeda diantara ketiganya. Selain itu pohon perdu digunakan sebagai penghubung antar pemandangan dalam taman.

  • Air

Unsur ini biasanya digunakan untuk mensucikan benda-benda sebelum memasuki kawasan sakral. Air ini biasanya dialirkan dari sungai dan dibentuk kolam serta dihiasi dengan air terjun dalam kawasan taman.

  • Batu

Elemen ini dalam taman Jepang melambangkan pegunungan, air terjun dan garis pantai. Batu-batu yang diletakkan ditaman ini berasal dari pegunungan, di pinggir laut maupun sekitar sungai.

Penggolongan batu pun beragam dari batu sedimen, batu beku hingga batu malihan.

  • Pagar

Pagar termasuk bangunan gerbang menjadi elemen selajutnya untuk menghiasi taman Jepang. Hadirnya pagar ini adalah sebagai pembatas, penghalang setra pelindung taman.

Penutup

Beberapa elemen diatas bisa diaplikasikan dalam mendesain halaman rumah dengan konsep taman Jepang di rumah kamu.

Rilekskan diri sejenak dengan menikmati taman gaya Jepang bisa menjadi andalan ketika penat dengan rutinitas sehari-hari.

*Baca juga : Desain Taman Gaya Bali, Ciptakan Suasana Damai di Rumah*

Related Posts

Leave a Comment