Cara Merawat Anggrek di Pot

by tamanjogja
4 minutes read
cara merawat anggrek di pot

TAMAN JOGJACara merawat Anggrek di pot merupakan inspirasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengantisipasi lahan yang sempit.

Bunga Anggrek merupakan tumbuhan yang memiliki jenis terbanyak. Jenis jenis bunga Anggrek indah ini salah satunya adalah anggrek bulan.

Yang merupakan tanaman anggrek yang paling banyak disukai oleh sebagian besar penduduk Indonesia terutama kaum hawa.

Bukan tidak mungkin jika banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara menanam bunga Anggrek tersebut, sehingga bisa dibudidayakan secara benar.

Hal tersebut karena bunga atau tumbuhan Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cocok dipajang baik di dalam maupun di luar rumah dan cocok dengan iklim di Indonesia.

Teknik dan Cara Menanam Anggrek

cara merawat anggrek di pot

Tips Merawat Anggrek

Ada berbagai jenis tanaman anggrek yang bahkan diabadikan menjadi foto dan gambar serta lukisan bunga anggrek terindah.

Rangkaian jenis bunga anggrek diataranya bunga anggrek hitam, bunga anggrek ungu, bunga anggrek merah, bunga anggrek macan, anggrek tanah, anggrek papua serta masih banyak lagi varietas anggrek lainnya, sebab tanaman anggrek ini adalah tanaman yang sangat cocok untuk hidup di daerah tropis.

Benarkan Anggrek bisa ditanam di dalam rumah? Tentu saja budidaya tanaman anggrek bisa dilakukan dalam ruangan tertutup, yaitu dengan menanamnya di dalam pot, kemudian pot tersebut diletakkan di dalam rumah.

Bukankah tanaman Anggrek merupakan tanaman yang harus terkena sinar matahari? Ya, salah satu syarat dan cara merawat tanaman bunga Anggrek yaitu menempatkannya dalam tempat yang terkena sinar matahari.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa terdapat tips merawat bunga Anggrek. Di dalam tips tersebut terdapat satu poin yang secara tidak langsung bisa membuat tanaman Anggrek diletakkan di dalam rumah asalkan terdapat lampu tanaman di dekatnya.

Berikut ini merupakan tips merawat tanaman Anggrek dalam rumah.

Usahakan Lokasi Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Menempatkan tanaman Anggrek di tempat yang terkena sinar matahari secara alami tetapi tidak boleh terlalu panas

Intinya tempat yang ideal adalah menempatkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Membeli lampu ruangan

Hal ini dimaksudkan ketika seorang penanam menempatkan tanaman Anggrek di dalam ruangan dan mencegah agar tanaman Anggrek di dalam rumah tidak kekurangan cahaya.

Menjaga agar tanaman Anggrek tetap lembab

Sebagai tanaman tropis, tanaman Anggrek perlu dijaga agar tetap lembab.

Menanam Anggrek di dalam pot yang lebih kecil

Hal ini dikarenakan akar tanaman Anggrek yang halus dan memerlukan pot dengan ukuran lebih kecil agar leluasa dalam berkembang.

Pemberian Pupuk

Sebagai tanaman, Anggrek juga memerlukan pupuk. Gunakanlah pupuk khusus untuk Anggrek dan atau pupuk untuk tanaman tropis.

Kelima poin tersebut merupakan tips merawat tanaman Anggrek. Tentu saja ada hal penting sebelum seseorang melakukan hal tersebut.

Satu langkah sebelum merawatnya adalah mengetahui bagaimana cara menanam Anggrek. Kaum hawa terutama pecinta tanaman Anggrek perlu kiranya mengetahui hal ini.

Mengapa? Hal tersebut disebabkan biasanya lebih puas memiliki tanaman yang ditanam sendiri ketimbang beli atau ditanam oleh tukang kebun.

Lalu bagaimana sebenarnya cara menanam Anggrek tersebut? Terdapat dua gaya dalam menanam tanaman Anggrek ini.

Kedua gaya tersebut yaitu di tanam di dalam pot dan atau ditempel. Kedua gaya tersebut bukan merupakan hal yang aneh sebab tanaman Anggrek merupakan tanaman hias. Berikut ini merupakan cara menanam masing-masing gayanya.

Tips Menanam di Dalam Pot

cara merawat anggrek di pot

Bunga Anggrek

Pemilihan Pot

Pot yang dipilih bagusnya adalah pot tanah atau pot plastik. Yang bagian bawahnya terdapat lubang air. Hal itu berfungsi untuk membuang air sisa siraman.

Pembuatan Tiang/Media Rambat

Sebagai tanaman yang menjalar, diperlukan tiang untuk menyangganya. Selain itu, fungsi pembuatan tiang juga untuk memelihara dan membentuk tanaman Anggrek sesuai dengan keinginan si penanam.

Media Tanam

Media tanam yang cocok untuk menanam tanaman Anggrek yaitu; arang kayu, potongan pakis, pecahan batu bara atau genteng, dan potongan sabut kelapa.

Menanam dengan ditempel

Gaya tanam ini lebih mudah dibandingkan dengan menanam di dalam pot. Tidak dibutuhkan media untuk menanam dengan gaya ditempel.

Medianya sudah langsung pohon dan atau papan lukis. Selain itu, lebih bagus jika tanaman Anggrek yang dipilih di dalam gaya tempel merupakan tanaman Anggrek yang memiliki batang tidak terlalu panjang.

Penutup

Bukankah Cara Merawat Anggrek di Pot itu mudah? Tentu saja, baik dengan gaya ditempel maupun ditanam di dalam pot, nyatanya menanam tanaman Anggrek tidaklah sulit.

Setiap orang terutama kaum hawa bisa mencobanya. Jika sudah sukses dengan cara menanamnya, lakukanlah tips merawat Anggrek di pot agar tanaman tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik.

*Baca juga : Macam-Macam Tanaman Hias Dan Manfaatnya*

Related Posts