5 Tips Jitu Membuat Kolam Ikan Sendiri pada Lahan Sempit

by tamanjogja
3 minutes read
5 tips jitu m5 tips jitu membuat kolam ikan sendiriembuat kolam koi sendiri

Taman Jogja – 5 Tips jitu membuat kolam ikan sendiri pada lahan sempit akan menambah suasana baru yang akan semakin mempercantik halaman rumah.

Jika hunian Anda mengusung tema back to nature, penambahan kolam ikan ini akan sangat pas sekali dengan tema tersebut. Apalagi jika Anda dan keluarga adalah penggemar ikan.

Selain membuat rumah Anda lebih sejuk, kolam ikan juga memiliki sisi artistik tersendiri. Lalu bagaimana jika lahan yang Anda miliki di rumah tidak terlalu luas.

Masihkah Anda dapat membuat kolam ikan sendiri di rumah? Berikut ini tips jitu yang dapat kami sajikan untuk Anda yang ingin membuat kolam ikan sendiri.

*Baca juga : Konsep Dasar Taman Jepang*

5 Tips Jitu Membuat Kolam Ikan Sendiri pada Lahan Sempit

5 tips jitu membuat kolam ikan sendiri

Kolam Ikan

Untuk menghemat biaya, tentu membuat kolam ikan sendiri merupakan sebuah cara yang tepat. Namun, didalam pembuatannya dibutuhkan skill serta ilmu pengetahuan.

Setidaknya kita mampu memahami struktur, jenis dan bahan baku untuk desain kolam ikan. Sehingga hasil kita membuat kolam ikan sendiri tidak mengecewakan.

Dan dibawah ini step-by-step dasar didalam proses pembuatan kolam ikan :

  • Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Terlebih Dahulu

Setelah kita menentukan konsep ataupun bentuk dari kolam ikan yang akan dibuat, kita perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Maka alat yang dibutuhkan antara lain cangkul dan sekop untuk menggali tanahnya, pita ukur, waterpass dan lain lain yang sekiranya akan dibutuhkan.

Dan untuk bahan-bahannya cukup sediakan bahan bangunan yang umum digunakan seperti batu bata, semen, pasir, kapur, batu, cat dan lain sebagainya.

  • Tentukan Ukuran Kolam Sesuai dengan Luas Area Taman

Untuk ukuran kolam itu sendiri dapat bervariasi tergantung kegemaran dan juga luas area taman. Bentuknya dapat dibuat memanjang, bulat, oval, berefek lengkung dll sesuai dengan imajinasi Anda.

Maka dengan memahami area atau lahan akan membantu kita dalam membuat sketsa dasar kolam ikan.

  • Dasar Kolam Dibuat Sedikit Miring

Mengapa dasar kolam dibuat sedikit miring? Hal ini bertujuan untuk memudahkan aliran air pada saat proses pengurasan atau pergantian airnya.

Selain itu, dasar kolam yang miring akan memudahkan dalam pembersihannya karena kotoran akan berkumpul pada titik terendah dari kolam tersebut.

  • Usahakan untuk Membuat Dasar Kolam Sehalus Mungkin

Hal ini patut untuk diperhatikan karena dikhawatirkan akan melukai si ikan karena pergerakannya di dalam air. Selain itu, efek negatif dari dasar kolam yang kasar akan melukai Anda ketika membersihkan kolam tersebut.

Selain itu, dengan teknik tersebut kita sudah mengusahakan untuk meminimkan kesalahan fatal yakni kebocoran kolam ikan.

  • Memilih Warna Cat yang Cocok

Warna yang cocok untuk kolam ikan ialah warna putih. Hal ini dimaksudkan agar warna ikan semakin menonjol dan tertarik untuk dilihat.

5 tips jitu membuat kolam ikan sendiri

Desain Kolam Ikan

Namun jika Anda memilih keramik untuk melapisi tembok kolam ini, maka teknik pengecatan ini tidak perlu lagi dilakukan.

Penutup

Cukup mudah bukan 5 Tips jitu membuat kolam ikan sendiri pada lahan sempit, yang kami sajikan tadi.

Selamat mencoba ya.

*Baca juga : Tukang Kolam Minimalis, Cara dan Tekniknya Bagi Pemula*

Related Posts

Leave a Comment

x