4 Cara Menata Halaman Rumah yang Sempit

by tamanjogja
3 minutes read
4 cara menata halaman rumah yang sempit

Taman Jogja – Dengan 4 cara menata halaman rumah yang sempit kamu bisa sedikit berkreasi agar mampu menjadikan area tersebut tampak lebih indah.

Kamu penyuka tanaman atau memimpikan hunian dengan taman dan segala jenis tanaman yang ada? Namun,segala keinginan kamu tersebut terhalang oleh halaman rumah yang tergolong sempit.

Jika salah dalam peletakan dan penataan tanamannya malah akan berakibat taman menjadi sangat sesak dan tidak beraturan.

Dan agar terlihat lebih lapang dan sedap dipandang, cara berikut ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk menyulap halaman sempit menjadi taman yang indah.

Inilah 4 Cara Menata Halaman Rumah yang Sempit

4 cara menata halaman rumah yang sempit

Taman Lahan Sempit

Lahan sempit memang seringkali menjadi sebuah kendala bagi penerapan konsep pembuatan taman. Dan seringkali kamu menemui jalan buntu untuk mengkali.

Nah, pada bahasan kali ini, admin akan sedikit memberikan sebuah inspirasi guna menata halaman rumah yang sempit menjadi ruang terbuka hijau.

Tak perlu berlama-lama lagi, yuk simak!

1. Memilih Tanaman yang Tepat

Pemilihan tanaman yang tepat untuk sebuah lahan yang tergolong sempit dapat menjadi salah satu solusi jika taman kamu ingin terlihat lebih menarik dan terkesan luas.

Kamu dapat memilih berbagai jenis tanaman dengan ukuran kecil sehingga dapat menanam lebih banyak lagi dan dapat memadukan warnanya juga.

2. Pengaturan Jarak Antar Tanaman

Dengan lahan yang terbatas, pengaturan jarak ketika menanam menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Jika ditanam dengan jarak yang terlalu dekat maka taman akan terlihat semakin sempit.

Untuk mempermudah ketika menanam, tanamlah dengan pola lurus atau berjajar sehingga lebih teratur.

3. Perhatikan Arah Sinar Matahari

Setiap tanaman membutuhkan sinar matahari sebagai sumber makanannya. Selain itu sinar matahari juga digunakan untuk proses fotosintesis sehingga sinar matahari ini sangat penting adanya.

Selain itu, arah sinar matahari juga sering mempengaruhi jenis tanaman yang akan digunakan.

4. Perlukah Penambahan Paving?

Untuk taman dengan lahan terbatas akan lebih beresiko cepat rusak, hal ini karena sering terinjak akibat terbatasnya ruang gerak.

Untuk mensiasatinya, pemasangan paving atau bisa juga dengan menggunakan jalan setapak dari bebatuan dapat menjadi solusinya.

Hal tersebut juga akan melindungi tanaman dari orang-orang yang berlalu lalang di sekitar taman.

Cara Merawat Taman dengan Benar

  • Penyiraman tanaman secara rutin dengan jumlah yang cukup agar tanaman tidak mudah membusuk.
  • Jagalah kelembabannya karena jika kondisi tanaman tersebut kurang lembab akan timbul bercak-bercak hitam pada daunnya.
  • Usahakan untuk terkena sinar matahari dengan cukup demi pertumbuhan tanaman Anda.
  • Selalu cek pertumbuhan tanaman apakah ada tanaman pengganggu atau ranting yang sudah mati dan perlu untuk segera dipotong.

Penutup

Itulah tadi tips dan 4 cara menata halaman rumah yang sempit beserta cara perawatannya yang dapat kamu terapkan di rumah.

Semoga membantu dan bermanfaat bagi pembaca.

*Baca juga : Jasa Pembuatan Taman Profesional dan Manfaatnya*

Related Posts

Leave a Comment